Penyebab mata katarak pada burung kicau dan cara mengobatinya

Burungbatam.blogspot.co.id - Mata katarak bisa saja terjadi pada semua jenis burung kicau, Seperti pada kacer, murai, cendet, lovebird, dan burung kicau lainnya.

Penyebabnya adalah adanya penumpukan lemak pada lensa mata, Yang dapat menyebabkan pandangannya berkabut, Bahkan bisa mengakibatkan kebutaan jika tidak segera ditangani.

Mata katarak ditandai dengan mata berair dan adanya titik putih pada selaput mata dan lama-lama bisa menutupi seluruh bola mata pada burung.


Burung katarak

Burung yang menderita katarak biasanya tidak bisa beraktivitas seperti biasa, Karena pandangan yang terganggu, Sehingga tidak mampu mengeluarkan performa terbaiknya, Dan biasanya akan males bergerak dan males berbunyi.

Penyebab mata katarak yang sering terjadi



  • Udara yang tidak bersih seperti asap dapur, atau debu yang berterbangan yang dibawa angin dan masuk kemata.
  • Penjemuran yang berlebihan sehingga burung terkena paparan sinar ultra violet yang berlebihan. Penjemuran sebaiknya dilakukan selama 2 jam saja dan waktu yang baik ketika menjemur pada jam 08.00-10.00
  • Terkena cahaya lampu yang terlalu terang, oleh karena itu usahakan ketika menaruh burung jangan terlalu dekat dengan lampu.
  • Mata digigit serangga seperti semut, nyamuk atau serangga kecil lainnya. Usahakan ketika memberi makan berupa kroto pastikan semut merah sudah tidak ada.
  • Pemberian EF yang berlebihan seperti ulat hongkong atau ulat jerman secara terus-menerus. Berapapun ulat yang anda berikan kepada burung kemungkinan besar burung tetap memakannya jadi untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mengira-ngira berapa banyak ulat yang diperlukan oleh burung.
Itulah penyebab yang bisa menyebabkan mata katarak pada burung kicau, Dan cara mengobati bisa  dilakukan dengan cara alami yaitu dengan menggunakan daun kitolod.

Kitolod adalah sejenis tumbuhan liar yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit mata, Tumbuhan ini sering kita jumpai di dekat selokan. Seperti gambar dibawah ini.

Daun kitolod

Caranya yaitu ambil beberapa lembar daun atau bunga kitolod dan haluskan dengan cara ditumbuk atau diremas-remas, Kemudian diperas dan di ambil airnya.

Gunakan air perasan daun kitolod sebagai obat tetes mata, Caranya teteskan langsung kemata yang katarak dengan cara burung dipegang.

Lakukan pengobatan ini pada malam hari sampai sembuh, Cara ini betujuan agar pengobatan maksimal karena malam hari burung istirahat dan tidak banyak bergerak.

Mengatasi katarak bisa juga menggunakan obat katarak yang banyak dijual ditoko burung dan tentu harus mengikuti panduannya agar mendapat hasil yang maksimal.

Itulah penyebab dan cara mengobati mata katarak pada burung kicau, Selamat mencoba semoga bermanfaat.