Cara menstabilkan over birahi lovebird untuk lomba

Birahi atau over birahi adalah hal yang wajar terjadi pada setiap makhluk termasuk pada lovebird, Dimana terjadinya peningkatan hormon seksual pada lovebird, Salah satu penyebabnya adalah pemberian pakan yang mengandung protein tinggi.

 Apabila over birahi dialami lovebird yang akan di breeding, Itu adalah kabar bagus.
Tapi jika dialami lovebird untuk lomba/kontes itu adalah sebuah masalah yang harus segera dilakukan penanganan khusus, Karena jika tidak segera ditangani, Lovebird tidak akan bekerja maksimal saat dibawa ke arena lomba/kontes.

Lovebird yang over birahi sering terlihat berkelakuan aneh atau tidak seperti biasa. Berikut ini adalah kelakuan aneh lovebird yang sering dijumpai saat sedang mengalami birahi.

  • Burung Sering terlihat merentangkan sayap seperti pesawat atau istilahnya ngeleper.
  • Burung Sering terlihat mengawini tangkringan atau gesek tangkringan.
  • Burung Berubah lebih agresif dan menjadi galak.
  • Burung Sering mencabuti bulunya sendiri.
  • Burung menjadi males bunyi/ngekek.
Apabila hal tersebut terjadi saat sedang lomba/kontes, Maka burung tidak bisa menjadi juara.
Dan ada beberapa cara yang biasa dilakukan oleh para master lovebird untuk menstabilkan over birahi pada lovebird untuk lomba.

Lovebird birahi

Cara mengatasi lovebird over birahi;

- Tambah frekuensi mandi, Jika lovebird biasa hanya dimandikan satu atau dua kali sehari, Maka harus ditambah menjadi tiga atau empat kali sehari, Dengan cara disemprot atau dipegang langsung dan dimandikan menggunakan air kran sampai basah kuyup, Supaya burung menjadi lebih fresh, Dan ada juga yang memandikan pada malam hari tergantung kebiasaan.

- Hindari menggantung burung sejenis secara berdekatan/terlihat, Karena jika melihat burung yang sejenis secara langsung, Birahi lovebird akan semakin tinggi.

- Hentikan pemberian pakan tambahan yang mengandung protein tinggi seperti, kangkung, jagung muda, kuaci. Karena makanan tersebut gunanya untuk menaikan birahi, Cukup berikan saja milet putih dan air minum.

- Penjemuran juga harus dikurangi, Bila perlu hanya diembunkan saja agar menghirup udara segar, Karena sinar matahari juga dipercaya dapat menaikkan birahi.

Cara lainnya;

- Masukkan lovebird kedalam kandang umbaran bersama lovebird yang lainya supaya terbang kesana kemari, Dan harus tetap dalam pengawasan agar tidak tarung dengan yang lainnya, Sampai birahinya stabil baru dipisah lagi.

- Bisa juga mengawinkan dengan lawan jenis, Dan apabila sudah terlihat mengawini pasangannya langsung dipisah, Tidak perlu menunggu sampai bertelur, Cara ini biasa disebut dengan kawin cabut.

Itulah beberapa cara yang biasa dilakukan oleh pecinta lovebird untuk menurunkan birahi, Intinya anda harus mengetahui karakter lovebird yang anda pelihara dan pilih cara yang sesuai karekternya,
Silahkan mencoba semoga bermanfaat.