Merawat kacer agar buka ekor dan sayap atau ngobra

Kacer adalah burung yang paling diminati para kicau mania sebagai burung lomba atau kontes, Selain memiliki suara merdu, lantang, serta bervariasi, Juga mempunyai tarian khas yang sangat cantik saat bertemu lawan, Yaitu buka sayap dan ekor atau ngobra istilahnya bahkan sampai teler.

Butuh proses untuk membuat kacer ngobra, Mulai dari gantinya bulu trotol, kacer ngeriwik dan ngeplong, Baca juga http://burungbatam.blogspot.com/2017/01/rahasia-perawatan-kacer-harian-agar.html
Bahkan faktor usia juga sangat mempengaruhi kacer mau buka sayap dan ekor, Yaitu usia dua tahun keatas, Ditandai dengan kaki yang sudah kering atau medang istilahnya.

Apabila pada usia itu kacer belum juga mau ngobra pasti ada perawatan yang kurang. Bagi pemula ini adalah sebuah masalah besar, Tapi bagi kacermania adalah masalah kecil, Tinggal poles sedikit lagi kacer sudah bisa tampil maksimal.


Cara membuat kacer buka sayap dan ekor adalah sebagai berikut.



Menaikkan birahi dengan cara menambah porsi EF sampai pada level ideal, Yaitu menambah lebih banyak jangkrik atau kroto dari yang diberikan untuk harian, Jika selama beberapa hari dengan cara ini belum ada perubahan, Cabut voer dan ganti dengan jangkrik atau kroto, Sampai mendapat hasil yang di inginkan.

Menaikan birahi dengan cara kurangi mandi, Jika biasanya kacer dimandikan dua kali sehari, Anda bisa kurangi menjadi dua kali seminggu, Agar birahi tetap stabil.

Tambahkan durasi penjemuran yang biasa dilakukan hanya sampai jam 10.00, Bisa ditambah sampai jam 11.00, Dan jemur kembali jam 2.00 sampai sore.

Bisa juga dengan cara di jemur menggunakan kerodong yang dibasahi atau mandi sauna istilahnya, Jangan lupa makan dan minumnya di copot lebih dulu, Setelah itu burung diangin-anginkan sebentar dan di beri makan dan minum, Barulah burung dikerodong dan dimasukkan dalam rumah.

Saat didalam rumah gantunglah burung ditempat yang sepi, Jauhkan dari suara burung sejenis atau burung yang lainya, Biarkan burung tenang dan konsentrasi.

Penting juga untuk memberikan kelabang, Dua kali dalam seminggu guna menambah figternya. Tapi ingat tidak boleh terlalu banyak, Karena kelabang mengandung protein yang sangat tinggi dan sifatnya panas, Jika diberikan terlalu banyak bisa membuat burung kesayangan rontok bulu.

Demikian tips dari saya, Semoga bermanfaat dan membuat gacoan anda semakin gacor.