Mengenal manfaat ulat daun pisang untuk burung kicau

Manfaat ulat daun pisang
Mengenal manfaat ulat daun pisang


Burungbatam.blogspot.co.id - Ulat daun pisang adalah ulat yang terdapat pada gulungan daun pisang, Dan oleh para petani ulat ini dikategorikan sebagai hama, Karena merusak tanaman pisang para petani.

Namun dibalik itu semua ternyata ulat daun pisang bisa dimanfaatkan sebagai makanan tambahan/EF untuk burung kicau.

Tetapi belum banyak para kicau mania yang memanfaatkan ulat daun pisang sebagai EF, Padahal efeknya sangat bagus untuk burung kicau terutama burung pemakan serangga seperti kacer, murai, cendet dan lainnya.

Manfaat ulat daun pisang adalah sebagai "doping alami", Untuk mendongkrak performa burung secara cepat, Apalagi untuk burung-burung yang biasa dilombakan, Dapat menjadikan burung tampil maksimal saat dilapangan, Burung akan lebih ngotot dan main stabil atau tidak banyak ngetem, Kelebihan Ulat Daun Pisang adalah nutrisinya yang tinggi dan sangat mudah diserap oleh pencernaan burung, Karena kandungan air Ulat Daun Pisang cukup tinggi, jadi membawa sifat dingin untuk tubuh burung tersebut. Inilah keunggulan Ulat Daun Pisang, protein tinggi tetapi membawa sifat dingin.


Tetapi yang perlu diperhatikan adalah pemberian ulat daun pisang tidak boleh secara berlebihan, Sebab jika berlebihan ditakutkan burung menjadi overbirahi, Atau jika di berikan dalam waktu yang lama dan terus menerus burung bisa mengalami kegemukan/obesitas.

Cara pemberian ulat daun pisang untuk burung yang akan dilombakan adalah Dimulai dari H-3/H-2 yaitu pagi 2 ekor, sore 3 ekor dan satu ekor pas hari H-nya. Sedangkan untuk burung rumahan ulat daun pisang bisa diberikan 2-3 kali dalam seminggu dan waktunya bisa kapan saja. Baca juga cara merawat kacer agar cepat buka ekor.

Karena ulat daun pisang hanya sebagai makanan tambahan, Jadi untuk perawatan harian dan pemberian pakan lainnya yaitu jangkrik/ulat hongkong harus tetap diberikan seperti biasa.

Itulah sedikit ulasan tentang manfaat ulat daun pisang untuk burung kicau, Semoga dapat menjadikan burung gacoan anda tampil maksimal saat dilapangan, Salam kicau mania semoga bermanfaat.