Mengenal manfaat madu untuk burung kicau dan pemakan serangga

Burungbatam.blogspot.co.id - Madu adalah cairan nektar yang berasal dari bunga dan di hisap oleh lebah atau tawon madu, Madu memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, Sehingga sangat cocok untuk meningkatkan energi dan stamina.

Madu yang kita tahu adalah minuman yang sangat berkhasiat bagi kesehatan manusia.

Oleh para kicau mania madu biasa di berikan pada burung-burung kecil, Seperti pleci untuk menjaga stamina burung agar tetap stabil dan untuk kolibri madu diberikan sebagai pengganti nektar supaya asupan vitamin yang dibutuhkan kolibri tercukupi. Baca juga Manfaat makanan kolibri.


Manfaat madu

Manfaat madu untuk burung kicau

Sebenarnya madu juga bisa diberikan pada burung pemakan serangga seperti kacer dan murai batu, Apalagi untuk burung-burung kontes, Agar membantu mendongkrak energi dan stamina burung sehingga tampil ngotot saat dilapangan.

Manfaat lain dari madu adalah untuk mengatasi gangguan tenggorokan atau suara serak, Jika burung peliharaan anda mengalaminya, Bisa segera berikan madu agar cepat pulih kembali.

Madu sangat bagus diberikan pada burung yang mengalami gangguan pencernaan, Seperti mencret/kotorannya bercampur air, Bisa juga untuk burung yang kurang gacor atau kurang sehat. Baca juga Cara mengatasi kacer mencret.

Madu juga bisa dijadikan sebagai anti biotik terutama pada saat perubahan musim/cuaca, Karena cuaca yang tidak menentu dapat membuat kondisi kesehatan burung kesayangan menjadi kurang fit atau bahkan drop.

Namun pemberian madu untuk burung pemakan serangga juga harus dibatasi, Yaitu satu sampai dua kali dalam seminggu atau satu hari ( H-1 ) sebelum burung dibawa lomba, Tujuannya agar burung tidak over birahi ( OB ).

Cara pemberian madu untuk burung peliharaan


  • Untuk burung kolibri madu bisa diberikan sebagai pengganti nektar, Caranya taruh dicepuk kecil dan dicampur dengan air, Diberikan secara selang-seling atau bergantian dengan makanan lainnya seperti susu dan sirup, Agar asupan vitamin pada kolibri tercukupi.
  • Untuk burung pleci madu bisa diberikan setiap hari, Caranya sama dengan pemberian pada kolibri, Tujuannya untuk menjaga stamina agar tetap stabil.
  • Untuk pemberian madu pada kacer atau murai bisa dengan cara dicampur sama air minumnya, Takarannya 3-5 tetes madu untuk ukuran cepuk sedang.
  •  Bisa juga dengan cara disuntikkan atau dioleskan pada jangkrik, Kemudian jangkrik yang sudah disuntik/dioles dengan madu langsung diberikan pada burung.
Jika anda menggunakan cara dengan media jangkrik, Disarankan jangan semua jangkrik yang akan diberikan disuntik/diolesi madu, Cukup satu atau dua ekor yang diolesi madu, Karena takut kebanyakan madu justru membuat burung gajoan malah OB.

Itulah sedikit ulasan tentang manfaat madu untuk burung ocehan, Selamat mencoba semoga bermanfaat.