Cara tepat melatih prenjak agar cepat makan voer

Burung prenjak adalah burung kecil yang mungil namun mempunyai suara nyaring dan lantang.

Prenjak sering dijadikan burung masteran oleh para kicau mania, Tapi ada di beberapa kota yang sudah dijadikan burung lomba/kontes.

Maka dari itu tak heran jika sekarang prenjak semakin banyak digemari oleh para kicau mania.

Ada yang hanya dijadikan sebagai burung rumahan atau hiburan saat dirumah, Ada yang digunakan sebagai burung masteran, Bahkan ada yang diseting sebagai burung kontes/lomba. Tergantung hobi dan kegemaran masing-masing individu.

Namun masih banyak para kicau mania yang mengeluhkan sulitnya merawat prenjak, Apalagi jika merawatnya dari bakalan yang belum makan voer, Karena jika tidak paham cara merawatnya, Prenjak akan menjadi stress atau bisa juga mati. Baca juga Solusi tepat merawat prenjak bakalan agar tidak stress/mati

Sebenarnya perawatan harian prenjak tidak jauh berbeda dengan perawatan burung kicau lainnya, 
Hanya butuh kesabaran dan ketelatenan agar prenjak yang anda pelihara menjadi gacor. Salah satunya dengan melatih agar prenjak mau makan voer.

Karena jika prenjak sudah mau makan voer, Maka akan lebih mudah untuk perawatannya, Disini Tips Burung Kicau akan berbagi cara tepat melatih prenjak makan voer.

Sebenarnya caranya sangat mudah dan sederhana untuk mengajari prenjak agar cepat makan voer.
Ikuti langkah-langkah berikut.

prenjak ngevoer

Cara melatih prenjak makan voer


  • Karena makanan utama prenjak saat dihabitat aslinya adalah serangga, Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampur serangga seperti jangkrik, ulat hongkong, atau kroto dengan voer halus, Misalnya; dua sendok makan voer halus dicampur dengan tiga sendok kroto, Kemudian diremas-remas agar kedua tercampur rata.
  • Berikan kroto yang di campur voer tadi, Supaya saat prenjak makan kroto, Voer yang sudah di campur ikut termakan.
  • Pada hari berikutnya campur voer dan kroto dengan cara diaduk, Bisa juga jangkrik atau ulat hongkong yang di potong-potong lalu berikan.
  • Selanjutnya lakukan terus cara diatas dengan mengurangi sedikit demi sedikit porsi krotonya dan menambah voernya, Sampai burung benar-benar makan voer murni.
  • Jika sudah yakin prenjak mau makan voer murni, Jangkrik bisa diberikan setiap pagi dan sore masing-masing dua ekor, Dan pemberian kroto seminggu dua/tiga kali.
Itulah cara mudah dan sederhana untuk melatih prenjak makan voer. Cara diatas berguna agar prenjak memilah-milah untuk makan kroto dan berharap prenjak terpaksa makan voer karena kroto habis. Dengan cara ini kemungkinan untuk berhasil melatih prenjak cepat makan kroto lebih banyak,

Selamat mencoba semoga bermanfaat.