Solusi tepat merawat prenjak bakalan agar tidak stress/mati

Burung yang masih banyak kita jumpai di alam liar adalah burung prenjak.

Burung yang mempunyai ukuran tubuh yang mungil, Dan burung ini biasa dijadikan masteran oleh para kicau mania, Karena prenjak terkenal dengan suaranya yang nyaring dan keras.

Akan merasa senang saat mendengar kicauan burung prenjak yang bervariasi dengan suara yang lantang, Dan ternyata prenjak juga mampu menirukan suara kicauan burung lain.

Sebenarnya perawatan harian prenjak hampir sama dengan perawatan burung kicau lainya.

Tapi masalah yang sering dikeluhkan para kicau mania adalah saat merawat prenjak bakalan sering mati atau tidak mau makan, Karena untuk merawat prenjak bakalan terbilang lebih rumit atau rewel,

Perlu kesabaran dan ketelatenan untuk merawat prenjak bakalan agar cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Berikut ini tips-tips yang akan saya bagikan;

Prenjak bakalan.


Solusi tepat merawat prenjak bakalan agar tidak stress/mati;


  1. Gantung prenjak yang baru di beli di tempat yang nyaman dan sepi, Serta terhidar dari gangguan binatang predator lainnya selama 3-4 hari, Biarkan prenjak merasa nyaman dan beradaptasi dengan lingkungan barunya.
  2. Usahakan kandang ditutup dengan koran atau kertas lainnya, Semua sisi kandang kecuali sisi yang ada pintunya, Supaya lebih mudah untuk mengganti makan dan minumnya, Cara ini berguna agar burung tidak mudah kaget atau lebih nyaman serta lebih cepat beradaptasi. Karena prenjak yang baru didapat biasanya kelabakan dan nabrak-nabrak sangkar saat melihat manusia.
  3. Prenjak yang baru di beli jangan terburu-buru dimandikan, Siapkan saja cepuk untuk mandi biar prenjak terbiasa mandi sendiri.
  4. Karena makanan prenjak saat dialam bebas adalah serangga, Jadi untuk prenjak bakalan harus dikasih makan serangga, seperti ulat kandang, ulat honkong, jangkrik, kroto dan yang lainnya, Sambil di ajari makan voer/poor.
Dan harus diingat saat prenjak belum bisa makan voer/poor secara total, Harus dikasih serangga yang banyak secara terus-menerus,

Jangan sampai telat agar prenjak tidak kelaparan atau kekurangan asupan nutrisi, Yang bisa menyebabkan kematian pada prenjak.

Apabila burung sudah terlihat lebih tenang dan sudah terbiasa dengan lingkungan barunya, Barulah dilakukan perawatan harian seperti biasa.

Itulah solusi tepat merawat prenjak bakalan agar tidak stress/mati, Semoga bermanfaat.