Bagaimana ciri-ciri burung kenari kalitan?

Ciri kenari kalitan

Berbagai cara dilakukan oleh para breeder untuk mendongkrak popularitas ataupun harga jual Kenari yang belakangan ini makin merosot. Salah satunya dengan membuat klasifikasi, Contohnya dengan adanya nama-nama seperti kenari loper, AF, F1, F2, F3 dan seterusnya, Dan sekarang ada yang lagi trend yaitu kenari kalitan, Bahkan baru-baru ini sudah ada kelas sendiri untuk kenari kalitan di ajang latber/latpres. 

Kenari kalitan adalah kenari kecil yang cara merawat dan Cara breedingnya tidak ada perbedaan dengan kenari biasa, Hanya saja kenari kalitan dihasilkan dari trah/indukan yang mempunyai suara/durasi ngerol yang panjang.

Dengan adanya nama trend baru kenari kalitan di kalangan kenarimania saat ini, Alhasil mulai mampu menaikan harga kenari dipasaran, Walaupun tidak seperti dulu. Lalu bagaimana cara membedakan kenari kalitan dengan kenari biasa/lokal,

Ciri-ciri kenari kalitan
 

Ciri-ciri fisik kenari kalitan

  1. Memiliki postur tubuh yang kecil.
  2. Memiliki ekor yang lebih panjang.
  3. Memiliki sayap yang lebih pendek.
  4. Berdiri dengan tubuh tegap saat berkicau.
  5. Durasi/Suara kicauannya lebih panjang.

Itulah ciri-ciri kenari kalitan dari segi fisik, semoga dapat membantu bagi yang belum mengetahuinya,
Sekedar saran bagi pemula yang ingin merawat kenari ada baiknya jika membeli langsung pada peternaknya, Supaya tahu keturunan dari trah atau indukannya,
Dan untuk mendapat hasil yang maksimal adalah dengan cara perawatan yang baik, Serta pemberian pakan yang berkualitas. Semoga bermanfaat.